Senin, 14 Mei 2012

jujur

sikap pertama : jujur

cara berbisnis kembali hadir, ok sesuai dengan sambungan postingan kita sebelumnya
sikap pertama yang kita bahas hari ini adalah, jujur

mencari orang pintar itu mudah, tapi mencari orang jujur cukup langka
nah, begitu pula dalam bisnis,
mencari barang murah itu mudah,
mencari barang bagus itu mudah,
tapi mencari barang yang langka dan kualitas bagus mungkin lain soal
mencari penjual juga begitu,
banyak yang pintar dalam hal selling,
entah apa yang dia lakukan dan katakan
tapi bagi pendengar atau calon konsumennya
kadang terbuai untuk membeli
bahkan yang asalnya tidak ada hasrat untuk membelipun
akhirnya membeli juga
dan ketika uang sudah keluar
barang sudah diterima
muncul penyesalan yang muncul
"kenapa jadi beli ini ya?"

hmm....tapi ilustrasi cerita di atas kurang nyambung,
tapi kami hanya menyampaikan sejenak (ini lintasan pikiran yg tiba-tiba lewat)
ketika transaksi bayar, prinsip utama adalah
saling suka, saling ridha
ketika transaksi dan sesudah transaksi
karena 2 hal inilah yang kelak memberikan keuntungan bagi kedua pihak
terutama bagi penjual
karena hal ini menghasilkan repeat order, pengulangan penjualan
atau yang beli tadi, akan beli lagi suatu saat nanti

ok, kembali lagi ke sikap jujur
entah kenapa, sikap ini yang memang menjadi masalah utama bagi masyarakat kita
bukan hanya bagi para pedagang, tapi semuanya juga
oleh karenanya, cobalah untuk jujur dalam perkataan dan tindakan yang kita lakukan
apa yang anda bilang kepada pembeli anda katakan yang sebenarnya
apa yang anda bilang kepada supplier anda, katakan yagn sebenarnya
jangan sampai berbicara bohong,
karena prinsipnya bisnis karena kepercayaan itu adalah harga mati
jadi ketika kita salah memposisikan diri,
maka akhirnya orang pun mendefinisikan kita sebagai orang yang 'patut dicurigai'

tapi ketika kecurigaan orang lain kepada anda berkurang
bahkan tidak ada sama sekali
maka tingkat kepercayaan orang lain terhadap anda tinggi
ini akan berbanding lurus dengan pendapatan dan penjualan barang yang anda lakukan

ok, tak perlu panjang lebar lagi penjelasan mengenai jujurnya
nah, tapi tambahannya
ingat, dalam forum ini, kami menyampaikan bukan hanya kepada para penjual
tapi ingat, anda semua adalah pemilik bisnis besar suatu saat (aamiin)
sehingga tentunya anda akan menjadi seorang bos
seorang pimpinan
seorang yang menjadi teladan
maka ingat ketika anda memiliki sebuah prinsip jujur,
maka ini akan merembet kepada mitra bisnis anda, entah itu karyawan atau staff anda di bawah
jadi
berperan jujurlah dari hari ini
karena kita tak pernah tahu kapan amanah tuk menjadi bos itu datang
hanya satu hal yang pasti
amanah kan datang ketika kesiapan telah mumpuni
tapi ketika kesiapan belum mumpuni, maka peluang adalah kuncinya

cara berbisnis ala
febrian adila idabadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar