Sabtu, 01 September 2012

sedekah tabungan dan kebutuhan

kita coba lanjutkan yg sudah kita pernah bahas kemarin di mengelola keuangan. kita awali dengan pertanyaan.. KENAPA HARUS dibagi 3 seperti itu?

PERTAMA
bila tidak seperti ini, biasanya uang yang kita miliki itu bakal habis tidak bersisa. bahkan habisnya itu digunakan untuk keperluan-keperluan yang sebetulnya kita belum terlalu butuh. habis digunakan untuk meningkatkan gaya hidup! biar terlihatnya lebih kaya, biar terlihat lebih terhormat, biar terlihat lebih tajir dibandingkan orang lain. kalo awalnya punya motor keluaran 2005 maka ketika penghasilan meningkat, keinginan untuk meningkatkan gaya hidup muncul, lalu beli motor baru, yang lebih garang, yang lebih keren, intinya biar satu..... lebih dipandang!
motor lama yg masih bagus dan bisa dipakai


diganti dg motor yg lebih keren
padahal, ketika uang habis untuk membeli hal yang diingkan. bukan hal yang dibutuhkan.... bila kita tidak cermat justru kita bisa segera terjebak di BIAYA HIDUP yang menyengsarakan.
karena sederhana, gaya hidup naik berarti biaya hidup naik.



KEDUA
sedekah adalah cara paling sederhana untuk mensucikan harta yang kita miliki. asalkan kuncinya satu, kita melakukannya dengan penuh KEYAKINAN. kita sedekah karena kita yakin sedekah itu bisa menyelamatkan kita dari dosa, menyelamatkan kita dari musibah, memperbanyak rezeki kita, memperluas rezeki kita, memperpanjang umur kita, mensucikan harta kita, bila kita yakin akan semua hal itu... insyaAllah efeknya jauh lebih besar dibandingkan kita SEDEKAH TANPA KEYAKINAN. sedekah tapi setengah-setengah... mengenai sedekah ini ada baiknya kita coba belajar lebih jauh dengan ust yusuf manshur atau ippho santosa, atau sekarang banyak jg trainer dan pemateri yg mulai mengangkat kembali sedekah.
tapi ingat, intinya satu, yakin. dan penuh harap dan syukur, 
sedekah juga menunaikan amanah Allah, karena di setiap harta yang kita miliki itu ada hak orang lainnya juga disana

KETIGA
tabungan adalah cara paling sederhana untuk memastikan kita memiliki cadangan kehidupan kita dimasa-masa sulit. memang benar kemampuan untuk menciptakan uang itu penting, sangat penting. tapi jika kemampuan untuk menabung tidak dimiliki, itu percuma! dan bahkan tidak akan terasa sama sekali.  tabungan juga melatih kita untuk melakukan hal PERTAMA tadi.... menjaga diri untuk tidak menghabiskan uang di hal-hal yang tidak kita butuhkan

CARANYA
sederhana, yang mesti kita disiplinkan hanyalah tahapan berikut....:

ketika mendapatkan penghasilan, kita sedekahkan 10%, kita tabung 10% baru kita pergunakan 80%!
disiplin melakukan hal ini, insyaAllah kita terbiasa mengelola uang kecil dengan baik.
latihlah dengan jumlah kecil dulu, karena 
BILA KITA TIDAK BISA MENJAGA UANG DENGAN JUMLAH KECIL, MAKA KITA LEBIH TIDAK BISA MENJAGA UANG DENGAN JUMLAH YANG LEBIH BESAR


latihlah diri kita, dan disiplin

2 komentar:

  1. Sedekah 10%, ditabung 10%, dipergunakan 80%, itu inspirasi banget bagi saya. Akan saya terapkan dalam diri saya, Insha Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.... semoga istiqamah bang Rudi ^^d

      Hapus