Minggu, 29 Desember 2013

Cara bangkit dari hutang

Hutang itu cukup aneh. Mudah untuk dimulai namun sulit untuk di akhiri hehe. Bahkan kami di IIBF (Indonesia Islamic Business Forum) punya ungkapan Rama Sita. Diawal ditawari pinjeman uang dengan 'Rama' tapi ujung ujungnya langsung maen 'Sita'. Nah artikel ini sedikit bahas tentang cara bangkit dari hutang bagi para pengusaha yang punya masalah di hutang ataupun belum.

Lalu bagaimana caranya? yang pertama mesti kita praktekkan adalah merubah karakter kita. Yup ini sederhana terdengarnya tapi berhasil. Rubah karaktermu, rubah cara pandangmu.

Misalnya awalnya kita sangat khawatir hutang ini tidak bisa diselesaikan. Rubah karaktermu sehingga optimis hutang ini bisa kau lunasin. Kebanyakan para pehutang itu justru melunasi hutang yang satu dengan hutang yang lain. Nah ini nih karakter yang jelek, bisa bisa yang awalnya hutang cuma 2 juta, bisa berubah jadi ratusan juta atau bahkan milyaran. Na'udzubillah...


Lalu rubah juga karakter kita dalam gaya hidup. Anggap kita biasa belanja, ketika kita terjerat hutang rubah. Mau tak mau rubah. Awalnya konsumtif, mau tak mau harus hidup hemat dan sederhana.

Rubah dulu karaktermu, beranikan diri untuk optimis menghadapi hutang yang kita punya. Jangan kabur dari masalah. Lalu buat gaya hidupmu sederhana, ciri orang kaya itu penghasilan banyak tapi hidup sederhana.

Semoga manfaat brother sister ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar